Syarat dan Ketentuan

Terakhir diperbaharui: 12 Oktober 2024

Selamat datang di http://www.cetakin.id ("Cetakin.id")

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs Cetakin.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Cetakin.id. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Cetakin.id. Syarat dan ketentuan ini dapat diperbaharui dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya, pengguna diharapkan melihat syarat dan ketentuan secara berkala.

Definisi
  • Layanan Cetakin.id adalah layanan cetak otomatis secara online dengan mengunggah dokumen ke situs Cetakin.id dan dokumen kemudian akan dicetak secara otomatis di lokasi percetakan yang pengguna pilih.
  • Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Cetakin.id yang ditandai dengan mendaftar dan memiliki akun pada Cetakin.id.
  • Percetakan adalah pihak yang bekerja sama dengan Cetakin.id untuk menjadi salah satu tempat lokasi mencetak bagi pengguna.
  • Pemilik percetakan adalah pemilik dari suatu tempat percetakan.
  • Pegawai percetakan adalah pemilik dan orang-orang yang bekerja di suatu tempat percetakan.
  • Kode cetak adalah kode yang didapatkan pengguna saat mencetak suatu dokumen yang kemudian menjadi identitas suatu dokumen yang dicetak.
Akun dan Keamanan
  • Pengguna dapat mendaftar untuk membuat akun di situs Cetakin.id secara gratis.
  • Data diri pada akun pengguna dianggap representatif dari pengguna. Pengguna memahami bahwa data yang pengguna isi sesuai dengan data diri sebenarnya dari pengguna.
  • Cetakin.id tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan atau ketidaksesuaian dari data diri akun pengguna.
  • Pengguna bertanggung jawab terhadap akun dan kerahasiaan password dari akun tersebut.
  • Apabila terdapat penyalahgunaan data pada akun, Cetakin berhak mengambilalih atau menutup akun.
  • Cetakin berhak menutup akun apabila pengguna didapati melanggar sebagian atau seluruh isi dari syarat dan ketentuan penggunaan Cetakin.id.
Cetak
  • Pengguna aktif dapat mencetak dokumen pada lokasi percetakan yang tertera pada situs Cetakin.id.
  • Dokumen yang dapat diproses untuk dicetak adalah dokumen yang memiliki ukuran kurang dari 50 mb, berjumlah maksimal 150 halaman dalam satu dokumen, dan berukuran A4 atau Letter baik potrait maupun landscape. Di luar ketentuan tersebut, dokumen akan ditolak untuk diproses.
  • Dokumen dapat dicetak dengan pilihan pewarnaan hitam putih dan berwarna.
  • Biaya dokumen dengan pewarnaan hitam putih atau berwarna akan dikenakan biaya dokumen per lembar hitam putih dan berwarna sesuai lokasi percetakan yang dipilih.
  • Pengguna dikenakan biaya layanan sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Pengguna memahami bahwa seluruh halaman dokumen akan tercetak.
  • Setiap dokumen yang diproses akan mendapatkan kode cetak yang kemudian dapat digunakan sebagai identifikasi sebuah dokumen yang dicetak.
  • Pengguna memahami bahwa kesalahan pengunggahan dokumen atau pewarnaan atau pemilihan lokasi yang telah melewati proses konfirmasi adalah tanggung jawab pengguna.
  • Pengguna dapat membatalkan pencetakan dokumen melalui halaman riwayat selama status dokumen belum menjadi "Dicetak" maupun "Selesai".
  • Dengan menggunakan jasa Cetakin.id, pengguna menyetujui untuk membayar total biaya cetak yang terdiri dari biaya cetak dokumen dan biaya layanan sesuai yang dipaparkan pada halaman konfirmasi di situs Cetakin.id.
  • Pengguna dapat mengambil dan membayar dokumen yang telah tercetak di lokasi percetakan yang pengguna pilih.
  • Pembayaran dapat dilakukan menggunakan Cetakin Coin atau secara tunai dengan karyawan percetakan terkait. Pembayaran yang dilakukan dengan pihak lain selain dengan karyawan percetakan terkait tidak akan dihitung.
  • Pembayaran tunai hanya untuk cetakan hingga 20 halaman atau biaya maksimal Rp20.000. Selebihnya, pembayaran harus menggunakan Cetakin Coin.
  • Pengguna harus membayar setiap dokumen yang dicetak sesuai dengan total biaya cetak yang tertera. Rincian biaya dapat dilihat di halaman konfirmasi pada situs Cetakin.id.
  • Apabila didapati ada pengguna yang tidak membayar lebih dari 1 minggu, maka status cetakan akan ditandai sebagai cetakan yang tidak diambil.
  • Cetakin.id tidak bertanggung jawab terhadap hasil cetak yang tidak diambil oleh pengguna lebih dari 1 minggu terhitung dari pengunggahan dokumen cetak oleh pengguna.
Cetakin Coin
  • Mulai tanggal 12 Oktober 2024, Pengguna dapat menggunakan Cetakin Coin untuk mencetak di Cetakin.id.
  • Cetakin Coin adalah sebuah koin digital yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan cetak di Cetakin.id.
  • Pengguna dapat menambah saldo Cetakin Coin dengan melakukan Topup pada halaman Topup Cetakin Coin.
  • Cetakin Coin berlaku untuk semua Pengguna kecuali yang berstatus "Suspended". Pengguna yang memiliki status "Suspended" tidak dapat menggunakan Cetakin Coin sampai statusnya kembali menjadi "Aktif".
  • Cetakin Coin tidak dapat dicairkan ataupun ditukarkan di luar aplikasi dalam bentuk apapun.
Biaya Layanan
  • Mulai tanggal 7 Oktober 2019, Pengguna dikenakan biaya layanan setiap mencetak dokumen di Cetakin.id.
  • Biaya layanan akan dikenakan seharga Rp500 untuk 5 lembar pertama dan Rp500 untuk setiap 5 lembar berikutnya.
  • Info biaya layanan dan biaya cetak akan tertera di halaman konfirmasi pencetakan.
  • Biaya layanan dan biaya cetak dibayarkan saat mengambil dokumen di tempat percetakan.
  • Biaya layanan akan digunakan untuk memenuhi biaya operasional website Cetakin.id.
Percetakan
  • Biaya per lembar mengikuti kesepakatan dengan pemilik percetakan.
  • Biaya per lembar dibedakan menjadi biaya per lembar hitam putih dan biaya per lembar berwarna.
  • Pemilik percetakan dapat mengubah biaya tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Pemilik percetakan wajib memberitahu pihak Cetakin.id apabila tempat percetakan tutup diluar jadwal yang telah disepakati atau terdapat pergantian jadwal. Apabila tidak ada pemberitahuan konsekuensi menjadi tanggung jawab pemilik percetakan.
  • Pemilik percetakan bertanggung jawab terhadap semua dokumen yang dicetak pada jadwal buka.
  • Pembayaran dari pengguna akan ditangani oleh karyawan percetakan terkait.
  • Pemilik percetakan bertanggung jawab atas kesesuaian pembayaran dengan data yang terdapat pada situs Cetakin.id.
  • Pemilik percetakan bertanggung jawab untuk menaati Standard Operation Procedure (SOP) yang ditetapkan oleh Cetakin.id.
  • Cetakin.id dapat mengubah SOP yang ditetapkan sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada setiap pemilik percetakan.
Customer Service Cetakin.id
  • Customer Service Cetakin.id (CS Cetakin.id) adalah pihak Cetakin.id yang dapat dihubungi pada kanal-kanal yang tertera pada situs Cetakin.id.
  • Cetakin.id memiliki akun Instagram yang dapat diakses via @cetakin.id.
  • Cetakin.id memiliki akun email yang dapat diakses via cetakin.id@gmail.com.
  • Cetakin.id memiliki kanal email yang dapat diakses di halaman www.cetakin.id.
  • Pengguna yang mengirimkan email pada halaman www.cetakin.id diharapkan menuliskan alamat email pengguna sehingga email tersebut dapat ditindaklanjuti.
Suspended
  • Sistem pencatatan cetakan yang tidak diambil akan diberlakukan sejak tanggal 7 Oktober 2019.
  • Sistem ini berlaku di semua lokasi percetakan.
  • Apabila ada pengguna yang tidak membayar lebih dari 1 minggu, maka status cetakan akan ditandai sebagai cetakan yang tidak diambil.
  • Jika jumlah biaya dari cetakan yang tidak diambil senilai Rp5.000 atau lebih maka pengguna akan diubah statusnya menjadi "Suspended".
  • Pengguna yang memiliki status "Suspended" tidak dapat menggunakan layanan Cetakin.id sampai menyelesaikan proses pengaktifan kembali akun pengguna.
  • Pada proses pengaktifan akun pengguna, pengguna harus membayar sebesar biaya cetak yang tidak diambil dan biaya denda Rp5.000 sehingga total biaya minimal untuk pengaktifan akun sebesar Rp10.000.
  • Biaya pembayaran proses pengaktifan dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur pengaktifan akun yang tertera pada halaman https://app.cetakin.id.
  • Pengguna yang telah melakukan pembayaran akan otomatis diubah statusnya menjadi "Aktif" dan pengguna bisa mencetak kembali seperti biasa.
  • Pengguna dapat membuat permohonan untuk tidak membayar dan dapat dikembalikan statusnya menjadi “Aktif” dengan menyebutkan alasan dan mencantumkan email yang terdaftar pada akun pengguna serta kode cetak dokumen tersebut ke CS Cetakin.id.
  • Cetakin.id akan mengabulkan permohonan untuk tidak membayar apabila pihak Cetakin.id menemukan ada ketidaksesuaian hasil cetakan dengan dokumen yang ditandai oleh Cetakin.id, kesalahan teknis saat proses pencetakan, atau alasan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada ketidaksesuaian hasil cetakan dengan dokumen yang ditandai oleh Cetakin.id, tidak didapati kesalahan teknis pada proses mencetak, atau alasan lain yang diberikan tidak sepakati oleh Cetakin.id, maka pihak Cetakin.id dapat membatalkan permohonan tersebut.